[Review] Pengalaman menggunakan Earphone murah JBL T110

[Review] Pengalaman menggunakan Earphone murah JBL T110

JLB selama ini terkenal dengan produk Audio berkualitas dengan harga yang tidak murah. Ternyata tidak semua lini produk JBL itu mahal. Ada beberapa produk yang harganya murah, salah satunya adalah Earphone JBL T110. JBL T110 adalah entry level product dari JBL  Saya membeli produk ini kurang lebih 1 bulan yang lalu di sebuah toko offline dengan harga 165 ribu saja. 

Mungkin kalau membeli di toko online official entah di tokopedia/sejenisnya akan lebih murah. 😀

Jadi berikut adalah pengalaman menggunakan earphone murah jbl t110

Unboxing

Boxnya tidak mewah sama sekali. Sangat biasa, sebuah box dengan cover depan plastik.

Di dalam kotaknya kita akan menemukan :
1. Earphone

2. Kartu Garansi

3. Panduan Penggunaan

Earphone ini bertipe In Ear Monitor (IEM). Bagi yang belum tahu, IEM adalah jenis earphone yang masuk kedalam telinga, tidak seperti tipe Earbud yang hanya menempel dipermukaan saja. Earphone kelas entry level JBL ini tidak menyertakan pouch dalam paket penjualannya.

Build Quality

Kabel yang digunakan adalah kabel pipih. Untuk kualitas kabelnya cukup baik. Dengan ada 1 tombol untuk mengangkat telepon.

Kualitas Audio + Uji Pemakaian

Terus terang saya bukan Ahli dalam bidang Audio. Saya hanya penikmat audio yang tidak expert. Dengan selera seperti kebanyakan orang Indonesia. Karakter Audio ini lebih cenderung ke Mid dan High. Suaranya lebih banyak didominasi vokal dan treble. Tidak banyak bass disini. Jadi bagi Anda yang menyukai musik Accoustic dan genjreng-genjreng gitar dijamin cocok dengan Earphone ini.

Bagi penikmat Bass sepertinya bukan berarti tidak cocok sama sekali. Bass yang dihasilkan cenderung bulat dan tidak meluber kemana mana. Tidak berlebihan. Cukup. Tetapi untuk beberapa genre musik seperti Dance/EDM sepertinya masih kurang nendang.

Tetapi saya menemukan sebuah fakta : kualitas earphone ini akan berbeda di device yang berbeda. Saya tidak tahu kenapa. Mungkin chip audio yang terdapat pada device yang saya gunakan mempengaruhi secara signifikan output Audionya.

Dalam 1 bulan terakhir saya menggunakan 3 Jenis device : Samsung Galaxy J5 Pro, iPhone 6s Plus, dan Macbook Pro MD101. Supaya lebih gampang dipahami, hasilnya saya coba tampilkan dalam bentuk grafik.

 

 

Ketika dicoba pada perangkat non-Apple suara bassnya lebih berasa. Namun ketika saya coba di Macbook Pro dan iPhone 6s Plus suara bassnya berkurang. Hmm.. ini juga saya alami beberapa waktu lalu ketika mencoba Headphone JBL (saya lupa serinya). Entah mengapa seperti kurang bersahabat antara Apple dan JBL.

Ataukah device Apple hanya bagus ketika kita memakai Beats by Dr. Dre yang merupakan perusahaan dibawah naungan Apple? I don’t know. I never try that devices.

Tetapi ada solusi bagi Anda pemakai Macbook dan terlanjur membeli earphone ini kemudian merasa tidak cocok karena suara bass yang kurang. Tidak perlu dibuang, karena hanya dengan sedikit tune menggunakan software, earphone ini akan menggelegar.

Solusinya silahkan Anda memasang software eqMac2. Software ini gratis. Ini adalah equalizer 3rd party yang bisa diintegrasikan dimac. Software ini lumayan bagus dengan tampilan simple.

Sekian review dari saya mengenai Earphone JBL T110. Semoga membantu Anda!

loading...

One thought on “[Review] Pengalaman menggunakan Earphone murah JBL T110

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *