Health

CERITA PROMIL (PROGRAM HAMIL) #PART2 PINDAH DOKTER KANDUNGAN

Assalamualaikum, mam…

Saya mau berbagi cerita lagi nih mam, masih seputar perjuangan kami untuk mendapatkan buah hati. Ceritanya ini saya ganti dokter obgyn, saya pindah dokter bukan berati dokter yang sebelumnya nggak bagus ya, mam. Tapi karena dalam diri saya sendiri tiba-tiba terbersit keinginan untuk diperiksan oleh dokter perempuan, soalnya ini kan masalah kandungan ya mam, jadi kan nggak menutup kemungkinan kalau dokternya pasti meriksa bagian vital juga. Jadi kalo dokternya sama-sama perempuannya di kita kan juga nggak risih gitu hehehe…..

Berbekal tanya temen sana sini yang punya nasib sama dan alhamdulillahnya mereka sudah berhasil hamidun, saya dapat rekomendasi untuk mencoba datang ke RSIA (Rumah Sakit Ibu dan Anak) KARTIKA. RSIA Kartika ini berada di Jl. Ngagel Jaya Utara No.28 A, Pucang Sewu, Gubeng, Surabaya.

 

Di rumah sakit ini ada beberapa dokter kandungan dan ada juga dokter kandungan yang benar-benar spesialis dalam bidang infertilitas lho, mam. Dan kami akhirnya memutuskan  pilihan kepada Dr. Vita Maya Sp.OG sebagai perantara dalam ikhtiar kami.

Untuk periksa di RSIA Kartika ini proses antriannya by phone atau langsung datang juga bisa ya, mam. Tapi saranku by phone saja biar nggak dapat yang akhir-akhir, cuma di sini nggak bisa kalau mau pesen antrian buat lain hari jadi harus pada hari itu juga, antrian dibuka mulai pukul 08.00 WIB. Tinggal bilang mau daftar ke dokter siapa yg dituju nanti kita akan dapat nomor antrian dan perkiraan jam berapa harus datang.

 

Setelah sampai disana saya diminta data diri (suami – istri) kemudian ada beberapa interview sederhana seperti siklus menstruasinya bagaimana, pernah promil apa belum sebelumnya, sama dokter siapa, tes apa saja yang sudah pernah dilakukan, hasil tesnya bagaimana, pernah konsumsi apa saja untuk promil, dll. Kemudian saya diminta menunggu sebentar karena dokternya belum datang. Dan semua pasien di RSIA Kartika akan mendapat kartu pasien seperti ini.

 

Tiba saat nama saya dipanggil, first impression ketemu beliau orangnya baik, gayanya kayak anak muda, dan tentuya ramah. Seperti dokter-dokter yang lain kami ditanyai apa permasalahannya, berapa lama menikah, dll. Setelah mendengarkan cerita saya beliau mempersilahkan saya untuk dilakukan USG transvaginal. Hmmm…agak deg deg an juga nih soalnya belum pernah USG semacam ini. Jadi vaginanya dimasukan semacam stick yg terhubung sama alat USGnya, rasanya agak aneh sih. Dari situ bisa terlihat rahim dan sel telurnya. Untuk bagian rahim yang dicek posisi dan ukurannya, kemudian untuk sel telur dicek di masing-masing sisi, dilihat berapa ukurannya, normal atau tidak.

 

Kemudian beliau menjelaskan bagaimana keadaan rahim dan sel telur saya, setelah itu juga menjelaskan tindakan apa saja yang akan saya lalui dengan keadaan saya ini. Saya diberi resep obat dan disuruh datang kembali saat menstruasi antara hari ke 1 s/d 5. Hasil USG Transvaginal akan saya ceritakan di tulisan saya berikutnya.

Kesimpulan menurutku untuk pemeriksaan di RSIA Kartika ini:

Kelebihan :

+ Dokternya sesama perempuan jadi nggak canggung

+ Alat-alatnya lumayan lengkap

+ Jelas dalam mendiagnosa masalah

+ Langkah-langkah penyelesaian (pengobatan) ada dan jelas, jadi nggak harus melakukan test HSG terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab masalahnya apa

 

Kekurangan :

– Dokternya kurang komunikatif kalau menurut saya, nggak semuanya dijelasin. Jadi si pasien yang harus aktif bertanya

Segini aja dulu sharingnya ya, mam. Cerita hasil USG Transvaginal akan saya ceritakan di tulisan saya selanjutnya.

 

Wassalamu’alaikum

 

1 thought on “CERITA PROMIL (PROGRAM HAMIL) #PART2 PINDAH DOKTER KANDUNGAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *