Tech

Pengalaman Menggunakan iPhone 5s di Tahun 2022

iPhone 5s adalah iPhone versi “upgrade” dari base modelnya yaitu iPhone 5. Selain S series, pada generasi ini iphone juga memiliki varian produk yang lebih murah dengan bahan plastik, iPhone 5c. 5s sendiri mendapatkan upgrade berupah touch ID dan dual LED Flash untuk menghasilkan capture image yang lebih baik.

iPhone 5s ini sejauh ini adalah iPhone favorit saya, selain karena ini adalah iPhone pertama saya tapi juga karena iPhone 5s ini merupakan iPhone dengan iPhone terbaik. Saya membeli iPhone 5s ini sekitar tahun 2015, 2 tahun setelah rilis. Lalu bagaimana pengalaman menggunakan iPhone 5s ini pada tahun 2021?

Pengalaman Penggunaan

Berikut adalah pengalaman menggunakan iPhone 5s versi saya di tahun 2021. Saya bagi kedalam beberapa section : battery, application performace, user experience, dan operating system. 

Battery

Dari segi usia, sudah jelas battery adalah bagian pertama dari iPhone 5s yang harus diganti. Jika saya masih menggunakan battery bawan dari Apple, mungkin hanya bisa bertahan kurang dari 3 jam pemakaian normal. Atau dalam sehari bisa charge lebih dari 2 kali. Sungguh tidak nyaman, maka saya putuskan untuk mengganti battery iPhone 5s saya. Dan hasilnya, dengan kombinasi iOS 12.5.5 iPhone saya mampu bertahan seharian. Atau hanya perlu dicharge sehari sekali. Oh ya, untuk iPhone 5s sekalipun menggunakan iOS yang terbaru, tidak terdapat opsi untuk melihat battery level pada menu setting.

Application Performance

Performance dari iPhone ini mengalami penurunan (pastinya) dibandingkan ketika pertama kali saya beli. Apalagi apabila melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berat seperti browsing ke website yang memiliki komponen multimedia yang padat, atau untuk editing video. Tetapi untuk aktivitas yang relatif ringan, iPhone yang sudah berusia lebih dari 8 tahun ini masih bisa diandalkan. Bandingkan dengan ponsel Android yang rilis pada tahun yang sama, sekalipun flagship performanya masih lebih unggul iPhone 5s di tahun 2021. Jika iPhone ini hanya dipergunakan untuk sosmed, whatsapp, dan instant messaging yang tidak terlalu intens, iPhone ini masih bisa diandalkan. Tetapi lain halnya jika dipergunakan untuk aplikasi yang berat seperti video editing di iMovie ataupun games. Tidak saya rekomendasikan. Battery akan terkuras dengan cepat dan performanya sudah jauh menurun. Kalaupun anda memaksa untuk bermain game saya sarankan install game-game casual saja yang lebih ringan.

User Experience

User Experience dari ponsel ini sekalipun sudah berusia lebih dari 8 tahun, tidak berubah. Tetap enak selayaknya iPhone. :p

Operating System

Update terakhir dari iOS yang saya gunakan adalah iOS 12.5.5 dimana iOS yang terbaru adalah 15.2. iOS 12 sendiri dirilis pada tahun 2018. Artinya ponsel ini masih mendapat dukungan selama 5 tahun (2013-2018). Ponsel Android mana yang rilis tahun 2013 dan masih mendapatkan update official selama 5 tahun?

Sepertinya tidak ada :p

Kita coba bandingkan dengan Google Nexus 4 (2013) update Android terbarunya adalah Android 5.1.1 (Lollipop) yang dirilis tahun 2014. Kendati begitu iOS 12.5.5 masih bisa untuk diinstall aplikasi-aplikasi regular yang saya butuhkan seperti WhatsApp, Instagram dan aplikasi sosial media lainnya. Tetapi perlu diingat, nampaknya whatsapp segera men shut down dukungan untuk iOS 12, mengingat saat tulisan ini dibuat, dukungan untuk iPhone 4s sudah dimatikan. Baca disini

Kesimpulan

Kesimpulan saya, iPhone ini sudah tidak layak dipergunakan di tahun 2022, karena hal-hal diatas, terutama battery, performa, dan kompatibilitas. Jika mengingakan iphone dengan harga murah silahlan membeli iPhone versi budget yaitu iPhone SE series atau iPhone XR.

 

Terima kasih,

Salam

Update 

Untuk Anda yang tertarik membeli iPhone SE 2020 di tahun 2022 ini bisa mengunjungi Shopee Berikut, atau bisa mengunjungi halaman Rekomendasi Produk JalanSenja.com. Saya merekomendasikan minimal menggunakan iPhone SE 2020 untuk kenyamanan penggunaan daripada menggunakan iPhone seri lebih lawas.

Please follow and like us:
Pin Share

6 thoughts on “Pengalaman Menggunakan iPhone 5s di Tahun 2022”

  1. Walaupun produk punya apple, ternyata di 2022 memang sudah harus menyesuaikan sama sistem nya juga ya. Jadi yang sekarang worth it minimalnya iphone brp mas?

  2. Aku juga pengen beli iphone ditahun 2022 ini, akan tetapi isi dompet berkata lain. Semoga ditahun yang akan datang, bisa kebeli iphone aminn..

    Walaupun agak sedikit ketinggalan dari yang lain, semoga tercapai pokoknya

  3. Saya akhirnya balik lagi pakai iPhone 5S setelah Redmi 5A rusak. Iphone 5S menurut saya secara hardware masih sangat mumpuni di tahun 2022 tapi secara software Apple tampaknya memang berniat memaksa pelanggannya upgrade iPhone mereka, karena akan banyak aplikasi yang obsolete. Sayang sekali.
    BTW terima kasih buat Mas blogger sudah sharing pengalamannya.

    1. Iyaaa betul sekali mas Samuel, memang secara bisnis sepertinya itulah yang diinginkan oleh apple. Biar untung, hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.