Komputerpedia Tech

Sejarah Perkembangan Penyimpanan Komputer (Storage)

Media penyimpanan merupakan salah satu bagian dari perangkat personal computer (pc) yang mengalami evolusi cukup panjang. Evolusi ini didorong oleh tuntutan dan kebutuhan bisnis seiring dengan perkembangan teknologi. Semakin lama kita akan menghadapi ukuran file dan storage yang semakin besar. Dahulu, sebuah foto mungkin hanya berukuran ratusan kilobyte. Karena kecanggihan teknologi fotografi dan kamera yang memungkinkan kita meng capture file dengan resolusi semakin tinggi berakibat pada ukuran file yang semakin besar.

Punch Card (1890)

Puch Card sendiri merupakan media penyimpanan data mekanis (mechanical data-storage) pertama. Mampu menampung 80 karakter. Kartu punch berasal dari abad ke-19, ketika digunakan untuk memprogram perangkat mekanis seperti alat tenun dan pemain piano. Kartu punch biasanya digunakan untuk pemrograman komputer sampai tahun 1980-an.

Sumber Gambar : https://www.computerhistory.org/revolution/punched-cards/2/intro/12

Meskipun kartu punch sekarang sudah usang sebagai media perekaman, tapi beberapa organisasi masih menggunakan kartu punch untuk menyimpan data hari ini, terutama dalam pemungutan suara.

Magnetic Drum (1932)

Ini adalah magnetic drum pertama, dan mampu menampung 82 KB, atau sekitar 5 dokumen ekstensi .doc standar.

Memory Drum awalnya ditemukan oleh Gustav Tauschek pada tahun 1932. tetapi setelah itu memory drum magnetictidak lagi digunakan. Sampai akhirnya Angkatan laut Amerika Serika mengembangkan codebreakers selama perang Dunia 2.

Sumber Gambar : https://www.computerhistory.org/revolution/memory-storage/8/252

Dalam memory drum ini, satu drum memiliki panjang 16 inch dan menampung 40 trek yang berputar pada 12.5000 putaran permenit. Engineering Research Associates (ERA) melanjutkan pengembangan teknologi dengan proyek Atlas mereka. Memori drum terdiri dari silinder logam panjang yang dilapisi bahan magnetik, dengan deretan kepala baca-tulis yang terletak di poros drum.

Williams-Kilburn Tube (1947)

Williams-Kilburn Tube merupakan bentuk pertama dari Random Access Memory (RAM). Tabung pertama menampung 1024 bit, atau 128 byte, yang dapat memuat sekitar 128 karakter. Anda memerlukan setidaknya 72 dari mereka untuk menyimpan satu file gambar JPG. (1/27 dari 1 file jpeg)

Sumber Gambar : https://www.computerhistory.org/revolution/memory-storage/8/308

Tabung Williams-Kilburn, ditemukan pada tahun 1947, menampilkan bentuk penyimpanan data secara elektronik untuk pertama kalinya. Perangkat ini berukuran panjang 16 inci, lebar 6 inci, dan menyimpan data dengan menampilkan kisi titik pada tabung sinar katoda, dan mengirimkan muatan statis melalui tabung. Meskipun teknologinya revolusioner, penggunaannya tidak berumur panjang, karena teknologi unggul dikembangkan segera setelahnya.

Magnetic Tape Drive (1951)

Very Attractive, hehe. Gulungan pita sepanjang 1200 kaki mampu menampung 230 KB data, sekitar 10 PDF atau 23 file .doc yang diformat. Ukuran yang sangat besar untuk saat itu, ya.

Sumber Gambar : https://www.techtarget.com/searchdatabackup/definition/magnetic-tape

Diciptakan di Jerman pada tahun 1928, pita magnetik pertama kali digunakan untuk menyimpan data pada tahun 1951 di Eckert-Mauchly UNIVAC I. Penggerak pita menggunakan motor untuk memutar pita magnetik dari gulungan ke gulungan, sambil melewatkan kepala pita untuk membaca, menulis, atau menghapus data. Versi yang lebih ringkas dari teknologi ini sudah umum sampai tahun 1980-an, seperti VHS dan kaset. Pita magnetik semakin jarang digunakan untuk backup harian, tetapi karena sifatnya yang murah, pita magnetik masih digunakan untuk pengarsipan data hingga saat ini.

Magnetic Core (1951)

Sebuah standar baru. Core memory pertama yang digunakan di komputer disimpan kurang lebih 2KB, kira-kira seukuran file gambar PNG kecil atau 2.000 karakter teks.

Sumber Gambar : https://ethw.org/Magnetic-Core_Memory

Diciptakan pada tahun 1951, memori inti magnetik pertama kali digunakan di komputer MIT Whirlwind. Memori inti bekerja dengan menyimpan satu bit data pada cincin magnetik kecil, atau inti. Semakin banyak inti magnetik yang Anda masukkan ke dalam memori inti, semakin banyak data yang dapat Anda simpan di dalamnya. Memori inti adalah standar dalam komputasi 1955-1975. Baru-baru ini 2004, sistem memori inti magnetik ditemukan masih dalam pelayanan dalam sistem kontrol telepon.

Hard Disk Drive (1956)

The Spin Doctor, kira-kira begitu julukannya. Dengan penyimpanan 3,75 MB, HDD pertama memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menampung seluruh file mp3, 45 detik video resolusi rendah, atau 5 juta karakter teks.

Sumber Gambar : https://www.computerhistory.org/storageengine/first-commercial-hard-disk-drive-shipped/

HDD, pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, memiliki berat lebih dari satu ton dan seukuran lemari es. HDD menyimpan data pada satu atau lebih piringan logam magnetik yang berputar cepat, atau disk. HDD masih ada di mana-mana saat ini, dengan model portabel menjadi lebih kecil, dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi, setiap tahun. Solid state drive (SSD), yang dibuat oleh Samsung saat ini, hanya berukuran 2½ inci dan dapat menampung 16 terabyte data. Begitu njomplang dengan perkembangan tahun itu ya.

Floppy Disk (1967)

Sang Icon tombol Save. Floppy disk 8 inci pertama yang dikembangkan memiliki kapasitas 80KB, cukup untuk menampung 8 file .doc yang diformat.

Sumber Gambar : https://history-computer.com/floppy-disk/

Floppy disk dikembangkan di laboratorium IBM San Jose pada tahun 1967. Awalnya, floppy disk adalah disk magnetik, maka disebut “flop”. Kemudian, amplop plastik ditambahkan untuk melindungi dari kotoran dan goresan dan berbagai ukuran disk muncul. Pada tahun 1978, lebih dari 10 produsen memproduksi floppy drive 5¼ inci, tetapi Anda mungkin ingat disk 3½ inci yang terbaik. Pada pertengahan 70-an, floppy disk adalah bentuk penyimpanan data portabel yang paling banyak digunakan. Floppy disk memiliki penggunaan yang terbatas saat ini, tetapi secara mengejutkan masih digunakan di pangkalan nuklir AS.

Compact Disk (1982)

Penyimpanan optik pertama yang sangat portabel. CD memiliki kapasitas 650 – 700 MB. Itu bisa menampung 70.000 file .doc yang diformat, 140 menit video resolusi rendah, atau, lebih tepatnya, album Radiohead favorit Anda.

Sumber Gambar : https://www.digitaltrends.com/features/the-history-of-the-cds-rise-and-fall/

Compact Disc dikembangkan pada tahun 1982 oleh Sony dan Phillips. Meskipun CD hanya berdiameter 12 sentimeter, ketika pertama kali diperkenalkan, CD dapat menampung lebih banyak data daripada hard drive komputer pribadi. Drive CD membaca data yang disimpan pada disk dengan menyorotkan sinar laser terfokus pada permukaan disk. CD merevolusi industri musik pada 1980-an, akhirnya menggantikan piringan hitam dan kaset. Penjualan CD telah dikalahkan oleh musik digital dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih terjual puluhan juta setiap tahun.

Zip Drive (1994)

The Home of floppy disk. Zip Drive pertama dapat menampung sekitar 100 menit audio MP3. Itu sama dengan 20 menit video resolusi rendah atau 1/7 CD.

Sumber Gambar : https://teknologiinform.wordpress.com/2019/04/14/zip-drive/

Zip Drive asli adalah sistem penyimpanan floppy disk yang dapat dilepas dengan kapasitas sedang hingga tinggi, yang diperkenalkan oleh Iomega pada akhir tahun 1994. Ini diluncurkan dengan kapasitas 100 MB, tetapi versi yang lebih baru meningkatkan kapasitas dari 250 MB menjadi 750 MB. Beberapa organisasi masih menggunakan Zip Drives hari ini.

Digital Video Disk (1995)

Compact disc yang lebih besar, ya DVD. DVD pertama memiliki penyimpanan 1,46 GB, cukup besar untuk menampung film pendek atau 2 CD. Beberapa pabrikan membuat cakram dua sisi, satu lapis yang dapat menampung data 9,4 GB.

PlayStation 2, Console Game yang menggunakan DVD

Juga dikembangkan oleh Sony dan Phillips, selain sejumlah perusahaan teknologi lainnya, DVD muncul pada tahun 1995. DVD menyimpan data menggunakan fungsi optik yang sama dengan CD, dengan kemampuan penyimpanan yang ditingkatkan. Kali ini, DVD mengubah industri film, menghapus Video Home System (VHS) yang banyak digunakan. Setelah menikmati hari di bawah sinar matahari, DVD itu kemudian dikalahkan oleh cakram Blu-ray 🙂 .

SD Card (1999)

Size doesn’t matter, kecuali jika Anda mendapatkan penyimpanan data yang lebih kecil dan lebih portabel. SD Card pertama menampung sekitar 64MB, cukup untuk menampung 50 foto atau 13 menit video resolusi rendah yaitu sekitar 1/11 CD. Kapasitas tertinggi kartu SD saat ini adalah 1 Terabyte (CMIIW).

Sumber Gambar : https://www.dpreview.com/articles/2622488571/sandisk1gbsdcard

Standar Secure Digital adalah pengembangan bersama oleh SanDisk, Panasonic, dan Toshiba pada tahun 1999. Teknologi ini dibangun di atas iterasi sebelumnya, seperti MultiMediaCard (MMC). Kartu SD menggunakan memori flash, yang menyimpan data dalam sel yang terbuat dari floating gate transistor. Ukuran kecil dan tipisnya kartu membuatnya ideal untuk fotografi digital dan videografi. Kemudian, kartu ukuran mini dan micro dirilis.

USB Flash Drive (1999)

Sang Drive dengan banyak nama. Flash drive pertama yang dikembangkan menampung 8MB, jadi satu atau dua eBook, 90 detik video resolusi rendah atau 800 file .doc. USB Flash Drive terbesar di dunia saat ini memiliki kapasitas 2 Terabyte.

Sumber Gambar : https://quizzclub.com/trivia/when-was-the-first-usb-flash-drive-patented/

M-Systems, sebuah perusahaan Israel, mengembangkan USB Flash Drive pada tahun 1999. Bahasa sehari-hari dikenal sebagai thumb drive, pen drive, jump drive, disk key, disk on key, flash-drive, atau memory stick. Mirip dengan kartu SD, USB flash drive menggunakan memori flash. USB flash drive menjadi populer sebagai perangkat penyimpanan portabel karena kemudahan menghubungkannya ke port USB komputer untuk transfer data.

Blue Ray Optical Disk (2003)

The Disk. The Myth. Legenda. Disk definisi tinggi ini mendukung dan menyimpan 25 GB video definisi tinggi pada 1080p, yaitu sekitar 36 CD. Sony telah mendongkrak penyimpanan cakram optik hingga 3,3 terabyte hari ini.

Dimaksudkan untuk menjadi penerus DVD, cakram optik Blu-ray dikembangkan oleh konsorsium industri teknologi. Sementara DVD lama hanya mampu resolusi 480p, Blu-ray menukik dengan lebih dari dua kali lipat kapasitas. Nama itu berasal dari laser biru dengan panjang gelombang yang relatif pendek yang mampu membaca kepadatan data yang lebih tinggi pada disk dibandingkan dengan red laser yang digunakan untuk membaca DVD.

Cloud Data Storage (2006)

Fleksibel, murah dan mudah. Sekarang, kapasitas penyimpanan Anda hanya bergantung pada paket yang dapat Anda bayar. Pilihannya tidak terbatas.

Semua sistem penyimpanan data berbasis web pertama adalah Layanan PersonaLink, diluncurkan oleh AT&T pada tahun 1994. Amazon Web Services meluncurkan AWS S3 pada tahun 2006, sebagian memulai tren menuju penyimpanan data cloud besar-besaran. Dengan penyimpanan cloud, basis data jarak jauh digunakan untuk menyimpan informasi, yang dapat diakses kapan saja melalui akses internet. Seiring dengan peningkatan teknologi cloud, penyimpanan cloud akan menjadi semakin murah.

 

 

 

 

Please follow and like us:
Pin Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.