Tech Tutorial

Panduan membuat Kelas Online di Google Classroom untuk Guru dan Dosen

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan untuk bekerja dari rumah #DirumahAja berkaitan dengan mewabahnya COVID-19. Bagi Anda yang berprofesi sebagai tenaga pendidik hal ini harusnya tidak menjadi sebuah hambatan untuk tetap melangsungkan Kegiatan Belajar Mengajar. Dosen/Guru harus tetap kreatif, supaya proses KBM tetap berjalan dengan lancar.

Google sebagai Raksasa perusahaan Teknologi mempunyai banyak produk yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga pengajar untuk tetap melangsungkan KBM. Yang paling pas, mudah, dan nyaman digunakan adalah Google Classroom.

Google Classroom┬ámerupakan produk google yang merupakan produk kelas virtual. Menciptakan “ruang kelas” secara virtual bagi Anda tenaga pengajar. Lalu bagaimana cara memulainya?

1. Login ke Google Classroom

Masuk ke akun google classroom https://classroom.google.com. Akun yang digunakan adalah akun Gmail yang biasa Anda pakai. Klik Buka Classroom

2. Buat Kelas

Cara untuk membuka kelas dengan cara klik icon ” + ” yang ada di ujung sebelah kanan, kemudian klik Create Class.

3. Mengisi Identitas Kelas

Kemudian isi identitas kelas yang akan dibuat. Isian yang wajib hanya Class Name saja. Untuk section, subject, dan room tidak wajib diisi.


 

4. Bagikan kode kelas

Setelah kelas terbentuk, maka setiap kelas memiliki sebuah kode. Kode ini semacam pengenal dan password yang harus dipunyai oleh mahasiswa/murid Anda supaya mereka bisa masuk dan berinteraksi di dalam kelas. Untuk melihat kode kelas bisa dilihat pada bagian Header, kemudian bisa klik icon [ ] untuk memperbesar ukuran kode.

Silahkan Anda membagikan kode tersebut kepada murid/mahasiswa Anda. Jika kode telah dibagikan maka murid dan mahasiswa Anda aka muncul pada bagian People.

Sekian penjelasan awal tentang cara membuat kelas di Google Classroom. Mudah bukan?

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *